Desain interior sangat penting dalam membentuk tampilan sebuah rumah. Orang-orang telah menggunakan berbagai tema desain interior untuk mendekorasi rumah mereka. Beberapa orang menggunakan tema tertentu dalam mendekorasi rumah mereka sementara beberapa orang yang naif hanya mengumpulkan karya seni yang mereka sukai dan meletakkannya di rumah mereka terlepas dari bagaimana mereka akan serasi dengan interior rumah.

Untuk membuat daya tarik yang lebih kuat dalam mendekorasi rumah mereka, orang sering menyewa desainer interior spesialis untuk pekerjaan itu. Pola Tren Desain Interior desain secara luas dapat dipisahkan menjadi dua kelas, tradisional atau modern. Seperti yang terlihat dari namanya, desain tradisionalnya menggunakan bahan-bahan alami dan corak yang halus. Desain tradisionalnya memberikan nuansa masa lalu dan budaya lokal. Berbeda sekali dengan desain interior tradisional, interior modern mencakup penggunaan teknologi dan elemen desain terkini. Ini memberi nuansa yang sangat terorganisir. Interior modern sebagian besar digabungkan dengan elemen geometris dan simetris.

Furnitur dan aksesoris yang digunakan dalam desain tradisional sangat dekoratif. Penggunaan warna sangat dibesar-besarkan. Interior tradisional memiliki furnitur dekoratif dengan tepi berukir. Interior modern menggunakan perangkat keras yang jasa arsitek Jakarta Tangerang sedikit memanjang, memiliki garis lurus dan sedikit terangkat dari tanah untuk kesan lapang. Interior modern menggunakan tekstur warna yang terbatas untuk dekorasi. Semua dekorasi berlebih yang merupakan bagian dari desain tradisional telah dihilangkan untuk membentuk interior modern.

Jenis bahan yang digunakan pada kedua jenis desain juga sangat berbeda. Sementara di interior tradisional penggunaan kayu, batu, batu bata dan plester untuk membuat jendela dan lengkungan adalah hal yang biasa, desain interior modern menggunakan bahan berteknologi maju seperti baja atau plastik untuk mengembangkan gayanya yang unik. Dapat dengan mudah diamati bahwa interior tradisional memiliki jendela dan pintu dengan bentuk dan ukuran yang seragam dan penempatannya juga akan sangat mirip. Desain interior modern seringkali menggunakan jendela yang lebih hemat energi seperti kaca, yang memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke dalam ruangan dan membuat interior terlihat lebih luas. Karena kemajuan teknis, telah dimungkinkan untuk merancang jendela dengan berbagai bentuk dan ukuran agar sesuai dengan kebutuhan yang berbeda.

Dapat disimpulkan bahwa tema tradisional dan modern dalam desain interior adalah dua tema yang sangat berbeda. Sedangkan desain tradisional membuat tampilan rumah sangat dekoratif dengan penggunaan aksesoris dan warna yang berlebihan. Ini menggunakan desain yang rumit dan furnitur besar. Ini sangat di atas sehingga orang tidak dapat melewatkan untuk memperhatikan fiturnya.